Kamis, 01 Desember 2016

Kenapa Aku Jatuh





Iman adalah berharap pada Tuhan lebih dari semua harpan.
-Andrew Murray




Baca: Mazmur 37:23-24



Kalo kita dengar kata “jatuh”, kita mungkin akan langsung mengaitkannya dengan sakit, luka, bahkan kematian. Tapi, sebenarnya, yang bikin sakit tuh bukan jatuhnya loh. Yang bikin sakit bahkan mati itu adalah ketika kita sampe tergeletak atau terantuk ke sesuatu, entah itu tanah, lantai, batu, bangku, dsb. Seperti dalam ilustrasi di atas, jatuh dari atas gedung tinggi pun gak akan bikin kita sakit selama kita nggak sampai terhantam sesuatu, bahkan masih lebih sakit jatuh dari bangku yang tingginya 30 cm tapi bikin kita sampai terantuk tanah, atau samapi tergeletak.

Dengan memahami ini, ayat nas ini akan luar biasa banget maknanya. Tuhan ada kalanya memang mengizinkan anak-anak-Nya jatuh, mengalami kegagalan, mengadapi masalah atau orang yang sulit, dll. Padahal, meski kita bisa jatuh, tapi Ia gak akan ngebiarin kita tergeletak loh! Ibarat superhero, Ia akan selalu siap menopang tangan lita, menangkap kita, agar kita gak sampai sakit, terluka, bahkan binasa. Itulah Perlindungan Tuhan.

Guys,karena itulah jangan pernah kita buru-buru merasa Tuhan kejam atau Tuhan nggak tanggap sehingga kita sampai jatuh. Bahkan, kalo direnungkan lebih lagi, saat kita jatuh, gagal, ngadepin masalah, dll, tadi sering kali juga akan membuat kita sadar kalo kita emangterbatas. Jatuh membuat kita sadar kalo kita memang harus mengandalkan Tuhan aja danjangan pernah sombong. Jadi, jangan ratapi ataumarah-marah saat jatuh, tetapi jadikan itu sebagai alat introspeksi diri. Dan jangan lupa putus asa atau kecewa, karena walau kita jatuh, Tuhan akan tetap menopang kita agar jangan sampai tergeletak kok!

Apa bila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.
Mazmur 37:24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar