Minggu, 24 Maret 2019

OPENING CEREMONY LKMM-TD 2019 FT ULM (DAY 1)

Semangat Pagi!! Pagi!!
LKMM-TD 2019? Semangat Sampai Akhir!!!!
Hallo semuanyaaaaa!!!
Udah lama banget nih saya gak nulis blog, udah sekitar 2 tahunan hehehe. Apa kabar semua? Semoga baik yaaa. Balik lagi nih sama Nonie, oh iya saya sekarang udah gak SMA lagi lohhh tapi sekarang udah kuliah ^^, saya kuliah di Universitas Lambung Mangkurat Banjar Baru jurusan Teknik Lingkungan. Jadi, hari ini saya mau menceritakan pengalaman di hari pertama LKMM-TD, let’s get it started!
            Apasih itu LKMM-TD? LKMM-TD adalah  singkatan dari Latihan Keterampilan Mahasiswa Tingkat Dasar. LKMM ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat, LKMM bertujuan untuk membantu para mahasiswa agar memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan manajemen untuk mengelola suatu organisasi kemahasiswaan.



 
  

            Hari pertama LKMM-TD FT ULM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 dan dimulai pada pukul 07.00 WITA. Layaknya sebuah tradisi, Fakultas Teknik selalu akan memulai rangkaian acara 30 menit dari waktu yang ditetapkan, sehingga pukul 06.30 LKMM ini sudah dimulai, jadi aku berangkat dari kos pukul 06.00 dan menjemput seorang teman untuk berangkat bersama, karena satu motor diwajibkan untuk dua orang peserta LKMM. Setelah menjemput seorang teman kami pun berangkat menuju Fakultas Tenik, sesaat setelah tiba di kampus saya segera mencari teman-teman sekelompok saya.
            Akhirnya pada pukul 06.30 WITA, LKMM pun dimulai. Rangkaian acara dimulai dengan memeriksa perlengkapan yang harus dibawa dan digunakan pada saat LKMM, mulai dari setelan, id card, jurnal, makanan, dan lain sebagainya. Seperti yang sudah saya duga, banyak sekali peserta LKMM yang tidak mengenakan apa yang harus digunakan dan dibawa sesuai ketentuan yang telah diberikan. Alhasil, seluruh peserta LKMM diberi hukuman berupa push-up bagi laki-laki dan squad jump bagi perempuan sebanyak 5 kali, tetapi dikarenakan kurang kompak saat menjalani hukuman, kami semua disuruh menguang kembali hukuman tersebut sebanyak 3 kali. Selanjutnya kami diberi arahan agar segera mengikuti intruksi dari kakak panitia LKMM untuk pergi ke aula lantai 3. Setelah sampai di aula, kami semua baris terlebih dahulu agar membentuk barisan yang rapi. Setelah seluruh barusan rapi, kami pun dipersilahkan duduk dan mulai lah rangkaian pertama yaitu UKM Day “Sinergy in Activity”.

            Rangkaian pertama UKM Day ini adalah pengenalan UKM-UKM yang ada di Fakultas Teknik, mulai dari Mapa bagi mahasiswa pencinta alam dimana Mapala merupakan UKM tertua di Fakultas Teknik, lalu dilanjutkan dengan UKM Teknika Cendikia yang biasanya sering sekali mengikuti lomba-lomba seperti lomba karya tulis ilmiah dan lain sebagainya, selanjutnya ada FKI yaitu UKM keagaaman khusus umat muslim yang ada di Fakultas Teknik, lalu ORBIT untuk orang-orang yang gemar dalam bidang olahraga dan beladiri, dan yang terakhir adalah Artpedia yang mulai berdiri sejak 2013 dan sekarang telah berusia 6 tahun, UKM ini cocok untuk orang-orang yang menyukai dunia Entertainer.
            Setelah UKM Day, rangkaian acara dilanjutkan dengan LKMM Materi. Materi pertama diberikan oleh KPU yang mensosialisasikan pentingnya pengetahuan tentang Pemilu. Disini kami dijelaskan ada berapa jenis kartu pencoblosan, lalu edukasi tentang Pemilu, serta pentingnya memiliki pilihan calon presiden pada Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang. Setelah pemberian materi pertama, kami diberikan waktu ISHOMA kira-kira sekitar 20 menit.
            Selesai ISHOMA, peserta diberikan meteri kembali oleh Bapak Beni Nor Muhammad, ST., MT dengan tema manajemen. Lanjut lagi dengan materi manajemen dan keungan yang diberikan oleh Wakil Dekan II yaitu Bapak Andi Mizwar, ST., MT. Saat penyampaian kadua materi tersebut, hampir semua peserta merasa lelah dan kepanasan dikarenakan jumlah peserta LKKM yang sangat banyak dan juga ruangan dan fasilitas pendingin ruangan yang masih kurang maksimal untuk digunakan diruang sempit dengan banyak sekali peserta.



 


            Selesai pemberian materi manajemen dan keuangan oleh Bapak Andi Mizwar, ST., MT., kami pun diberikan waktu untuk ISHOMA, banyak dari kami mempergunakan wktu ISHOMA untuk sekedar tidur dan beristirahat sejenak. Setelah ISHOMA, puncak dari acara pembukaan LKMM ini pun dimulai yaitu Opening Ceremony.  Rangkaian ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tak lupa juga kami menyanyikan Mars ULM, selanjutnya ada sepatah dua patah sambutan dari Dekan Fakultas Teknik, ketua pelaksana LKMM, dan juga ketua BEM FT ULM. Lalu dilanjutkan dengan pemasangan atribut kepada perwakilan peserta sebagai simbolis bahwa LKMM-TD FT ULM 2019 ini resmi dibuka.
            Akhirnya selesai juga rangkaian acara di hari pertama LKMM-TD yaitu Opening Ceremony LKMM-TD 2019 ini, tak lupa kakak dari BEM mengingatkan kembali apa saja yang harus dibawa untuk acara LKMM di hari selanjutnya. Kami semua pun diiringi keluar dari ruangan yang sangat pengap itu dan semua peserta langsung pulang ke rumah masing-masing.



“Saat kamu ingin menyerah, ingat kembali alasan mengapa kamu selama ini dapat bertahan.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar